who's you heroHero…? Seorang yang bisa dibilang punya kelebihan, kekuatan, dan jadi inspirasi bagi kehidupan seseorang. Superman, Ultraman, Power Rangers, Spiderman, Saras 008, Doraemon, kita g’asingkan dengan nama tersebut, jelas itukan para tokoh film superhero yang sering kita liat pada masa anak-anak. Hero yang dijadikan Idolanya biasanya tak jauh-jauh dari itu. Nah, beranjak remaja tentu beda lagi siapa idolanya. Kebanyakan remaja biasanya kesengsem dengan para artis, penyanyi, pemain sepak bola. Hayoo ngaku!! Apalagi jaman sekarang nich Korean Wave lagi gencar-gencarnya melanda negeri dengan penduduk mayoritas muslimtermasuk negeri kita. Kebanyakan para remaja pun terlena. Terpukau dengan gaya dan dandanan orang-orang ala Korea itu. Ciyuuss!

Pastinya, mereka akan mengikuti semua gaya artis yang diidolakan, mulai dari cara berpakaian, gaya rambut, cara ngomong, pola pikirnya, sampek perilaku mereka. Pokoknya apa yang dilakuin ama sang idola pasti ditiru dech, biar dibilang fans sejati gitu. Padahal nih apa yang sang idola lakukan itu belum tentu hal-hal yang baik n pantas untuk ditiru. Misal, ngefansnya ama girlband, udah jelaskan dari pakaiannya aja mini, sexi, pokoknya serba buka-bukaan menampakan bagian tubuh yang semestinya tidak diperlihatkan di depan umum. Aurat yang semestinya ditutupi dengan baik. Ditambah lagi lyric lagunya tentang pengekspresian cinta yang bebas. Lantas yang kayak gitu pantaskah kita tiru? Tentu tidak.

So, penting nih bagi kita agar bisa meneladani sang hero atau idola, maka hero yang kita pilih adalah yang benar dan bagus. Yang tentunya lebih baik dari kita. Bisa dipercaya, bisa dijadikan rujukan dalam kebaikan. Terlebih, seorang hero tuh harus mampu memberi inspirasi yang baik buat kita. Hmm.. jika tipe hero yang diinginkan seperti itu, tentu bukan yang ecek-ecek dong ya. Harus yang berkelas. Berarti tuh hero kudu menjadi inspirator ulung bagi setiap calon pengikutnya. Inspirator dalam melakukan kebenaran dan kebaikan tentunya. Kebenaran Islam dan kebaikan Islam, gitu lho.

Nah sobat Ar, lantas siapa yang layak disebut pahlawan? Pahlawan itu seseorang yang telah berjuang mengorbankan waktu, jiwa dan raganya demi kebaikan orang banyak.  “Pahlawan Islam” berarti seorang muslim yang berjuang mengorbankan waktu, jiwa dan raganya demi kebaikan (kemuliaan) Islam dan umatnya. Percaya kalian  adalah pelopor perubahan, mari kita lihat para tokoh muslim. Mus’ab Bin Umair, pemuda tangguh pendakwah sejati, duta pertama dalam Islam, penyambung ‘lidah’ orang di Madina. Lihatlah Muhammad Al Fatih, pemuda dengan ketangguhannya dan kecerdasannya membuat strategi menaklukkan Konstantinopel.

Rasulullah, Pahlawan sejati!

muhammadTahukah kalian siapa pahlawan yang paling agung yang pernah ada berkat kesempurnaannya mengamalkan ajaran Islam ini?  Dialah Rasulullah Muhammad saw. Keteladanannya bahkan tidaklah untuk manusia semata, melainkan juga untuk seluruh alam. Beliau menginspirasi banyak manusia. Islam yang dibawanya mampu menjadi sumber keberanian dan motivasi dalam hidup, maka banyak dari pengikut Muhammad saw. yang tadinya manusia biasa menjadi luar biasa. Mereka menjadi hero di antara para hero dan tentunya layak dan pantas kita jadikan hero dalam kehidupan kita dengan cara meneladaninya. Yup, ‘mencontek’ gaya hidupnya dan prinsip hidupnya yang memang keren itu.

Allah Swt. menegaskan dengan sangat jelas dalam firmanNya (yang artinya): “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS al-Ahzab [33]: 21)

Jadi, udah jelaskan yang perlu kita kagumi bukanlah BoyBand, GirlBand, artis, ato pemain sepak bola, tapi Kagumilah Rasulullah dan para sahabatnya yg telah mencetak generari Emas di masanya. Inilah sosok hero yang sebenarnya, bahkan boleh dibilang superhero sejati. Sebagai muslim sejati mari kita teladani apa-apa yang dicontohkan Rosulullah.

~EDISI 11/ NOVEMBER 2012~

Advertisements