adzan-dan-iqamat-lengkapAdzan adalah lantunan suara yang dikumandangkan untuk menginformasikan masuknya waktu shalat fardhu. Panggilan shalat ini di kumandangkan dengan merdunya oleh muadzin, muslim yang beriman seketika langsung menghentikan sejenak aktivitasnya, mendengar dengan khidmat serta menjawabnya. Namun, setan-setan langsung menjauh kabur mendengarnya. Lah jangan sampe sobat lari meninggalkan suara adzan, menjauh dari masjidnya cuman gara-gara ga’ mau sholat jamaah dimasjidnya … itu namanya ikut-ikutan setan jadinya. Semoga kita dijauhkan ya dari sikap yang demikian.

Tahu ga sobat kalo adzan itu selain punya banyak keistimewaan ternyata juga menyimpan fakta unik loh. Langsung aja simak yang berikut yuk.

  1. Kalimat penyeru yang mengandung kekuatan dahsyat.

Mukmin yang mendengar adzan tanpa sadar syarafnya akan memerintahkan tubuh untuk segera menunaikan salat. Simpul-simpul kesadaran psiko-religius dalam otaknya mendadak bergetar hebat, terhubung secara simultan, dan dengan totalitas kesadaran sebagai seorang hamba (abdi). Seakan suara khas adzan telah tertanam dalam alam bawah sadar setiap muslim. Sehingga ketika mendengarnya, indra-indra tubuh mereka lalu bergerak untuk shalat.

  1. Banyak non-muslim yang menjemput hidayah setelah mendengar adzan.
    Suara adzan yg didengar mereka, telah menggetarkan hati dan kesadaran terdalam untuk mengucap syahadat. Seakan fitrah Islam dalam diri mereka terbangkitkan melalui alunan adzan itu.Kementerian Urusan Agama Turki pernah melansir sedikitnya 634 orang telah masuk Islam selama tahun 2011, termasuk 467 wanita, yang berusia rata- rata 30- 35 tahun, dan berasal dari kebangsaan yang berbeda mulai dari Jerman, Maldiva, Belanda, Perancis, Cina, Brasil, AS, Rumania dan Estonia. Mereka adalah turis-turis yang tengah melancong ke Turki.
  2. Perintah adzan datang melalui mimpi.

Salah seorang sahabat, Abdullah bin Zaid yang bercerita jika dia mimpi bertemu dg seseorang yang memberitahunya untuk mengumandangkan adzan dengan menyerukan lafaz-lafaz adzan seperti saat ini. Lalu dikabarkanlah perihal mimpi ini kepada Rasulullah. Umar bin Khathab mendengar hal itu dan ternyata dia juga mengalami mimpi yg sama. ”Demi Tuhan yang mengutusmu dengan Haq, ya Rasulullah, aku benar-benar melihat seperti yang ia lihat (di dalam mimpi)”. Lalu Rasulullah bersabda: ”Segala puji bagi-Mu.” Rasulullah menyetujui untuk menggunakan lafaz-lafaz adzan itu sebagai tanda waktu shalat tiba.

  1. Dikumandangkan saat peristiwa-peristiwa bersejarah.

Adzan dikumandangkan pada momen-momen penting dan bersejarah. Pasukan Rasulullah berhasil menguasai Mekkah dan berhala-berhala di sekitar ka’bah dihancurkan, Bilal bin Rabbah mengumandangkan adzan dari atas Ka’bah. Peristiwa lain, ketika Konstantinopel jatuh ke tangan pasukan Ottoman dibawah komando langsung Khalifah Muhammad Al-Fatih yang mengakhiri Kekaisaran Romawi Timur, beberapa perajurit Ottoman masuk ke dalam lalu mengumandangkan adzan sebagai tanda kemenangan mereka. Bahkan adzandikumandangkanketika seorang bayi muslimdilahirkan.

  1. Miliaran kali dikumandangkan sejak 14 abad lalu.

Adzan dikumandangkan 5 kali sehari. Semenjak adzan pertama kali dikumandangkan 14 abad lalu hingga saat ini, tak dapat dihitung berapa juta kali adzan telah berkumandang.Anggaplah setahun 365 hari. Jika 14 abad adalah 1400 tahun, maka 1400 tahun x 365 hari = 511.000 hari. Dalam satu hari, adzan 5x dikumandangkan. Sehingga sedikitnya adzan telah dikumandangkan 2.555.000 kali. Jika dalam satu hari ada 1 juta muslim di dunia yang mengumandangkan adzan, jadi adzan telah dikumandangkan sebanyak 2.555.000.000.000 kali. Subhanallah!

  1. Tak henti dikumandangkan hingga kiamat

Bumi berbentuk bulat. Ini menyebabkan terjadi perbedaan waktu solat pada setiap daerah. Ketika adzan telah selesai berkumandang di satu daerah, maka selanjutnya adzan berkumandang di daerah lain. Begitu seterusnya adzan terus berkumandang di bumi dan tidak pernah berhenti hingga kiamat terjadi. Subahanallah.

Wuihhh…kereeennnn ya sobat Aer…selain alunan yang indah…ternyata juga banyak keistimewaan dari kumandang adzan… fastabiqul khoirot sobat..[Ly]

Sumber utama http://www.eramuslim.com 

Advertisements