DIGITAL CAMERAAssalamu’alaikum
Alo A’er yang baik ati, sebelumnya Bita ucapin makasih banget, coz setelah baca A’er Bita jadi tau ternyata masih banyak ilmu Islam yang Bita belum ketahui. Gini a’er, Bita pingin tau sebenarnya ada gak sich cara-cara menuntut ilmu yang benar? Pliz dijawab ya….. thanks ya… .
(Bita, Baturaden)

Wa’alikum salam wr. wb.
Alhamdulillah kalo ukhti Bita lebih semangat dalam mencari ilmu Allah. Selain itu jika kita menuntut ilmu adalah perintah Allah, sebagaimana firman Allah

“Apakah sama orang-orang yang berpengetahuan dengan yang tidak?” (QS. Az Zumar: 9).

Sabda Rasulullah SAW, “Menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim”
Perintah ini bersifat tegas dalam melaksanakannya hendaknya kita juga melaksanakan seperti kita lakukan perintah Allah yang wajib lainnya (Sholat, Zakat, puasa, dll). Menuntut ilmu juga memiliki banyak keutamaan. Rasulullah bersabda:”Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang”. (HR. Turmudzi)

”Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju surga”. (HR. Turmudzi)

Tentunya untuk melaksanakannya dengan dan agar ilmu kita bermanfaat maka ada beberapa metode yang harus diperhatikan untuk mendapatkan ilmu itu sendiri.

1. Mempelajari ilmu secara mendalam.
Jika kita belajar harus mendetail sampai kita paham n tentunya g separo-separo gitu.
2. Sabar dan teguh dalam belajar
Untuk bisa memahami ilmu Allah maka dalam mencarinya kita harus sabar dan teguh, gak mudah bosan atau malas sebab kalau sudah malas-malasan gak bakalan gampang ilmu itu masuk ke otak kita.
3. Yakin dengan apa yang dipelajari
Syarat orang yang belajar ilmu ialah harus yakin sehingga kita bisa mengamalkan apa yang kita pelajari tersebut.
4. Belajar bukan teoritis tapi praktis
Ilmu yang dipelajari bukan sekedar catatan dalam buku kita tapi bertujuan untuk memecahkan persoalan hidup kita jadi untuk amal kita sesuai dengan syariat Allah.
Sedang menuntut ilmu ada adab-adabnya:
1. Niat just for Allah
Sebagaimana sabda Rasulullah“Barangsiapa menuntut ilmu yang mestinya untuk mencari wajah Allah, tiadalah ia mempelajarinya melainkan hanya untuk mendapatkan bagian dari dunia, pasti ia tidak akan mendapatkan bau surga pada hari kiamat.” (HR. Ahmad dll).(Kitab al ‘Ilmi, Syaikh Utsaimin hal :25). So jelas sekali bahwa segala aktivitas kita diniatkan hanya untuk mendapat ridlo Allah, bukan karena ingin pujian ato lainnya.
2. Jangan belajar ilmu kufur/ yang diharamkan.
Ilmu yang dipelajari gak sembarang ilmu, so harus diperhatikan ilmu-ilmu yang diharamkan Islam untuk dipelajari maka jika kita mempelajarinya bukan pahala yang didapat tapi dosa.
3. Berlapang dada dalam masalah khilafiyah (perbedaan pendapat)
Hendaklah selalu berlapang dada dalam menyikapi perbedaan pendapat yang bersumber dari ijtihad. Yaitu permasalahan yang memungkinkan seseorang berpendapat dan terbuka kemungkinan untuk berbeda. 
4. Mengamalkan ilmu atau zakat ilmu
Hendaklah para penuntut ilmu mengamalkan ilmunya, baik berupa aqidah, ibadah, akhlak, adab dan muamalah, karena hal ini adalah merupakan hasil dan buah dari ilmu itu. Ilmu itu tidak untuk disimpan sendiri tapi untuk dijalankan en disampailkan ke sodara lainnya biar ilmu itu bermanfaat.
5. Sabar donk…!
Nuntut ilmu itu harus ulet en sabar. Kiat aja tuh teladan kita kaya’ imam syafi’I yang mencari ilmu dari guru satu ke guru lainnya, ato sahabat Rasul, Salman Al Farisi yang mencari kebenaran Islam dengan berbgai pengorbanan yang dilakukan 
6. Menghormati majelis dan ulama
Hendaklah menghormati majelis (ilmu) dengan:
a. mandahulukan salam
b. tidak banyak bicara sebelum guru bertanya
c. menampakkan kesenangan terhadap pelajaran serta mengambil faedahnya.
d. jangan sok tau . Apabila seorang syaikh (guru) melakukan suatu kesalahan atau kekeliruan maka janganlah hal itu membuatnya jatuh dihadapanmu, karena hal ini menjadikanmu tidak lagi mendapatkan ilmunya.
e. tidak berbisik-bisik dengan teman2 di samping
f. Jangan sekali-kali memancing kemarahannya dengan “Perang urat syaraf”, yaitu menguji kemampuan ilmu dan kesabarannya. 
7. Kitab dan As Sunnah
Al-Qur’an an As-Sunnah adalah buku wajib bagi kita sebagai muslim, karena itu sumber ilmu bagi kita
8. Paham
Memahami suatu ilmu itu penting daipada Cuma tau dan hapal. Karena kita akan mengamalkan ilmu itu sesuai dengan pemahaman kita.

Nah sobat selamat menuntut ilmu semoga bisa menjadi petunjuk bagi kita sehingga mampu meraih kemuliaan di sisi Allah SWT. Amin… . Wallahu ‘alam bis showab.

~ Edisi 5 / Mei 2008 ~
Advertisements