tomoTujuh belas agustus tahun empat lima,,, Itulah hari kemerdekaan kita. Hari merdeka nusa dan bangsa hari lahirnya bangsa Indonesia, Merdeka.. yups itulah lagui kebangsaan kita. Wah g terasa ya sobat sudah smpe pada bulan agustus nech. Itu tandanya sebentar lagi kita akan merayakan kemerdekaan bangsa kita yang dirayakan setiap tahunya oleh bangsa Indonesia.

Wah tak terasa negara kita sudah berusia 70 thun. Tahun 1945 dulu, negara Indonesia menyatakn kemerdekaan, setelah dijajah selama berabad abad oleh bangsa belanda, jepang, spanyol dan inggris. Akhirnya bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya kepada dunia pada tanggal 17 Agustus 1945. Perayaan kemerdekaan ini diwarnai dengan berbagai acara dan tradisi yang dilakukan di tiap daerah. Mulai daerah berbagai jenis lomba, diantaranya panjat pinang, balap karung, lomba gerak jalan, pesta kembang api, menghias lingkungan, karanaval dan masih banyak lagi. Dan yang paling utama nech shobat “Upacara Bendera” yang di adakan ditiap instansi. Setiap aderah berlomba lomba untuk menyambut Hari Kemerdekaan 17 Agustus, yang bahakan menghabiskan dana yang lumayan besar shobat.

Apakah kemerdekaan itu ?

Pengertian Merdeka Menurut Bahasa Indonesia ialah bebas, berdiri sendiri, tidak terkena atau lepas dari tuntutan, Merdeka bisa diartikan tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu. Sedangkan Kemerdekaan adalah keadaan (hal) berdiri sendiri (bebas, lepas, tidak terjajah lagi, atau bisa diartikan kebebasan. Lalu yang pertanyaannya nech shobat, Apakah kita sudah MERDEKA?

Kata Merdeka selalu dikaitkan dengan kata Aman. Seseorang yang Merdeka adalah yang bebas melakukan apapun yang dikehendakinya tanpa terbelenggu dari rasa takut dan was was. Mislanya merdeka dari segi agama, harusnya seseorang itu bebas beragama tanpa ada yang menghalang halanginya. Akan tetapi faktanya tidak. Mungkin IYA bagi mereka yang non-muslim. Akan tetapi TIDAK bagi seorang muslim. Bagi seorang muslim, masih saja susah menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. So, apakah ini yang dikatakan MERDEKA?

            Selain itu, mayoritas orang berfikir bahwa kita sudah merdeka karena kita terlepas dari penjajah belanda, portugis, inggris juga jepang. Hehehe jangan senang dulu shobat, ternyata kita masih belum merdeka lho. Hahh??? Ko bisa?.. malahan sekarang Negara Indonesia berada dalam penjajahan modern atau bahsa kerennya Imperalisme Modern. Imperialism adalah sebuah kebijakan dimana sebuah negara besar dapat memegang kendali pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Nach lho, tapi kok faktanya tidak berkembang ya, seperti halnya yang etrjadi di Indonesia. Malahan Imperialisme banyak menimbulkan luka dan derita bagi rakyat Indonesia. Imperialisme didorong oleh keserakahan manusia untuk menguasai kekayaan alam negeri jajahan dan menindas masyarakat pribumi. Motif imperilisme/ kolonialisme barat tidak terlepas dari ideology kapitalis. Mereka akan melakukan segala cara untuk mewujudkan tujuan, yakni salh satu caranya dengan 3G: Gold (kekayaan), Glory (kejayaan) and Gospel (agama).

Indonesia dengan kekayaan alamnya yang melimpah ruah ini merupakan sasaran empuk bagi kaum barat/ asing untuk dijadikan negeri jajahan demi memperkaya negara mereka. Sangat ironis sekali, bahkna rakyat Indonesia tidak sekalipun menikmati kekyaan alam milik mereka. tidak berhenti disitu sja shobat, Indonesia juga masih dijajah dari segi pemikirannya. Salah satu contohnya adalah para pemuda dan pemudi di negara kita tercinta shobat. Mulai dari sikap, cara bicara, pakaian, semuanya berkiblat pada kaum barat. Gak asik dan gak gaul katanya kalau g ngikut style. Ya ga shobat? Pergaulan bebas bisa kita jumpai diman mana, bahkan zina pun dilegalkan jika berlandaskan suka sama suka juga dianggap biasa oleh masyarakat. Yang penting si cowok mau bertanggung jawab gtu. Wah kacau nech.

Pandangan islam tentang Kemerdekaan?

            Sebernarnya simple shobat, kita akan merdeka secara fisik juga ruhani tanpa ada kekhawatiran dan rasa takut jika kita melaksanakan apa yang Allah perintahkan secara kaffah atau menyeluruh, baik dari segi sistem, hukum mualamah, hukum waris, segala peraturan tanpa terkecuali. Serta meninggalkan apa yang Allah larang. Jika seorang hamba berjalan di koridor syara’ maka insyaAllah Allah akan memberikan kemerdekaan yang hakiki yang diimpikan umat islam. Dengan kata lain Kemerdekaan dalam Islam diartikan sebagai suatu keadaan dimana kita bisa menjalankan aqidah dan hukum Islam.

            Lalu bagaimana menyikapi penjajahan pemikiran yang dijejalkan kaum barat kepada umat islam. Perang pemikiran (ghazwul fikr) hanya bisa dilawan dengan perang pemikiran juga, salah satu caranya dengan melakukan tholabul ilmu (menuntut ilmu) akan ilmu Allah atau tsaqofah islam, datang ke majelis ilmu untuk lebih meningkatkan tsaqofah islam. insyaAllah, kita akan bisa melawan ghazwul fikr dari kaum barat. Yups sekian dulu shobat.. Jadi muslimah yang cerdas yach, dengan banyak beljara ilmu Allah. Wallahua’lambisshowab.

Ar-Rayyan Edisi Agustus 2015

Advertisements