Kaifa Haluk Sobat AeR?

Baik kan? Semoga Allah senantiasa menjaga kita untuk senantiasa sehat agar bisa beribadah dengan lebih maksimal, amin. Namun tak bisa dipungkiri sakit adalah hal yang wajar menimpa manusia. Begitulah fitrah manusia sehat dan sakit pasti datang menghampirinya dengan silih berganti.

Sebagai seorang muslim kita mempunyai hak dan kewajiban atas muslim lainya, salah satu diantaranya menjenguk saudara kita yang sakit. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadits sahih Muttafaq ‘alaih dari Abu Hurairah r.a. bahwa Nabi ﷺ bersabda :“Hak orang muslim atas orang muslim lainnya ada lima, yaitu; menjawab salam, menjenguk yang sakit, mengantarkan jenazahnya, mendatangi undangannya, dan mendoakannya ketika bersin.” Selain sebagai hak orang muslim atas muslim lainnya hal ini juga merupakan sunnah mua’akkad  anjuran dari Nabi, “Berilah makan oleh kalian orang yang lapar, jenguklah orang sakit, dan bebaskan tawanan (muslim).” (HR. Al-Bukhari Dari Abu Musa al-Asy’ari).

Adapun adab-adab menjenguk orang sakit adalah sebagai berikut:

  1. Niat karena Allah,
  2. Berpakain yang syar’I dan sopan,
  3. Berkunjung pada waktu yang tepat, siang atau malam selama tidak mengganggu orang yang sedang sakit,
  4. Menanyakan keadaannya, menasehatinya untuk senantiasa bersabar terhadap penderitaan sakitnya karena hal itu mengandung pahala yang besar dan mengingatkan agar tidak berkeluh kesah karena hal tersebut hanya akan menimbulkan dosa dan menghilangkan pahala,
  5. Menghibur dan memotivasinya,
  6. Mendoakan seperti yang diajarkan Rasulullah, mengusap kepala orang yang sakit disertai doa ALLAHUMMA RABBAN NAASI ADZHIBIL BA’SA ASYFI ANTASY SYAAFII LAA SYIFAA’A ILLAA SYIFAA’UKA SYIFAA’AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAN. Artinya, “Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.”( HR. Bukhori Muslim). Atau juga doa “Apabila beliau mengunjungi orang yang sakit, beliau berkata, ‘laa ba’-sa thahuurun insyaa Allaah (tidak mengapa semoga sakitmu ini membuat dosamu bersih, insya Allah).’” [HR. Al-Bukhari no. 5656]
  7. Jangan terlalu lama ketika berkunjung.

Lalu bagaimana dengan keutamaannya? Mengunjungi saudara kita yang sakit punya banyak keutaman lo sob, simak ya:

  1. Didoakan oleh 70.000 malaikat;Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.”(HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).
  2. Berhak menempati surga;Siapa yang menjenguk orang sakit, maka ada seorang yang berseru dari langit: kamu adalah orang baik, dan langkahmu juga baik dan engkau berhak menempati satu tempat di surga.” (HR. Ibnu Majah, al-Tirmidzi, dan ahmad).
  3. Berbuah banyak pahala dari Allah; Dalam sebuah hadis qudsi Rasulullah menjelaskan: “Sesungguhnya Allah azza wa jalla berfirman pada hari kiamat: Wahai anak Adam, Aku sakit namun engkau tidak menjenguk-Ku. Ia berkata: Ya Rabb, bagaimana aku menjenguk-Mu sementara Engkau adalah Tuhan alam semesta? Allah berfirman: Tidakkah engkau tahu bahwa hamba-Ku fulan sakit tapi engkau tidak menjenguknya, tidakkah engkau tahu, bila menjenguknya niscaya engkau akan mendapati-Ku ada di sisinya?” (HR. Muslim)
  4. Berada di dalam rahmat Allah; Rasulullah bersabda: “Siapa yang menjenguk orang sakit, ia akan masuk ke dalam rahmat (Allah), sehingga apabila duduk, ia akan berada di dalam rahmat tersebut.” (HR. al-Bukhari).

Akhlak yang mulia ini jangan sampai diremehkan karena menjenguk saudara muslim yang sedang sakit menjadi sarana kuat untuk menjalin persahabatan, menguatkan ikatan tali persaudaraan se-Islam, dan bahkan bisa menjadi sarana untuk menyampaikan hidayah.

Wah kalo sudah tahu keutamaannya gini kayaknya kita jangan sampai ketinggalan menjenguk saudara kita yang sakit ya sob, kalo ada yang sakit tentunya.  Sekian dulu ya sob, semoga bermanfaat. Wallahua’lambisshawab. [Z]

 

Advertisements