Lanjut terus ya bacanya….

Sob, tau kaan Islam itu luaarr biasaa??

Tau kan Islam itu sempurna??

Berbahagialah kita J

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka” (Ali ‘Imran: 190-191).

Hakikatnya, seluruh ciptaan Allah yang diperuntukkan bagi manusia adalah baik, sob. Nggak terkecuali juga air putih atau air mineral yang biasa kita konsumsi setiap hari. Secara medis air putih terbukti ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh. Manfaat dan potensi air putih yang luar biasa telah disebutkan dalam Al-Qur’an, bahwa air adalah sumber kehidupan dan tanpa air akan terhentilah sistem kehidupan dunia.

 “Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS. Al-Anbiya’: 30).

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang dewasa yang minum delapan gelas air atau lebih dalam sehari, mampu membakar kalori lebih banyak daripada mereka yang minum empat gelas saja. Hmm, jadikan minum air putih itu sebagai kebutuhan sob, meski sedang tidak haus. Dalam kondisi normal aja tubuh kita memerlukan antara dua hingga tiga liter air perharinya. Selain melepas dahaga, air putih juga bisa memelihara dan menstabilkan kesehatan tubuh, sekaligus mengobati beragam penyakit, meningkatkan kualitas dan kelancaran metabolisme dan sistem pencernaan, dan banyak sekali manfaat lainnya.

 

Bagaimana Cara Sehat Minum Ala Rasulullaah??

  1. Minum dengan tangan kanan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika salah seorang dari kalian hendak makan, hendaklah makan dengan tangan kanan. Dan apabila ingin minum, hendaklah minum dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim)

  1. Dilarang minum sambil berdiri

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya.” (HR. Ahmad)

Makanan dan minuman yang disantap pada saat berdiri, bisa berdampak pada refleksi saraf yang dilakukan oleh reaksi saraf kelana (saraf otak kesepuluh) yang banyak tersebar pada lapisan endotel yang mengelilingi usus. Refleksi ini apabila terjadi secara keras dan tiba-tiba, bisa menyebabkan tidak berfungsinya saraf (vagal inhibition) yang parah, untuk menghantarkan detak mematikan bagi jantung, sehingga menyebabkan pingsan atau mati mendadak.

Begitu pula makan dan minum berdiri secara terus-menerus sangat membahayakan dinding usus dan memungkinkan terjadinya luka pada lambung. Para dokter melihat bahwa luka pada lambung 95% terjadi pada tempat-tempat yang biasa berbenturan dengan makanan atau minuman yang masuk.

  1. Dilarang minum sambil meniup atau bernapas ke dalam wadah minum kita

Dari Ibnu Abbas, “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang untuk bernafas atau meniup wadah air minum.” (HR. Turmudzi dan Abu Dawud).

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu beliau mengatakan, “Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam minum beliau mengambil nafas di luar wadah air minum sebanyak tiga kali.” Dan beliau bersabda, “Hal itu lebih segar, lebih enak dan lebih nikmat.” Anas mengatakan, “Oleh karena itu ketika aku minum, aku bernafas tiga kali.” (HR. Bukhari Muslim)

MasyaAllah..

Yuk biasakan minum air putih dan meminum sesuai dengan cara Nabi agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari beragam penyakit, dan InsyaAllah lebih barakah.

Wallahu a’lam bish showab. [ZAM]

Advertisements