besi-nako-polos

Misteri dibalik Besi

Sobat AeR pasti kenal dengan benda satu ini karena udah nggak asing lagi dan sangat familiar.

Yups, BESI yang merupakan logam paling penting sepanjang sejarah umat manusia sejak dulu sampai sekarang dan digunakan untuk berbagai keperluan seperti bahan dasar pembuatan alat tranportasi, kapal dan sebagainya.   Bahkan dijadikan sebagai salah satu nama surat dalam Al-Qur’an, yaitu al-Hadid. Nah, apakah yang ditunjukkan Al-Qur’an tentang benda yang bernama Al-Hadid (besi) ini? Apakah ada keunggulan yang dimilikinya sampai diabadikan menjadi nama surah dalam Kitab suci kita?

Dilansir dari www.salingsapa.com, seorang ilmuwan terkenal yaitu DR. Strogh yang begitu terkenal di kalangan Badan Antariksa Amerika, NASA mengatakan, “Kami telah melakukan berbagai penelitian terhadap sejumlah barang tambang bumi dan sejumlah penelitian laboratorium. Namun hanya satu jenis barang tambang yang sangat membingungkan para ilmuwan, yaitu besi. Dari sisi kapasitasnya, besi memiliki bentuk (struktur) yang unik. Agar elektron-elektron dan nitron-nitron dapat menyatu dalam unsur besi maka ia butuh energi yang luar biasa mencapai 4 kali lebih besar dari total energi yang ada di planet matahari kita.”

Penemuan astronomi modern mengungkap bahwa logam besi yang ditemukan di bumi kita berasal dari bintang-bintang raksasa di angkasa luar, Sob. Logam berat di alam semesta dibuat dan dihasilkan dalam inti bintang-bintang raksasa, tapi sistem tata surya kita nggak punya struktur yang cocok untuk menghasilkan besi secara mandiri. Besi hanya dapat dibuat dan dihasilkan dalam bintang-bintang yang jauh lebih besar dari matahari yang suhunya mencapai beberapa ratus juta derajat. Nah, ketika jumlah besi telah melampaui batas tertentu dalam sebuah bintang, bintang tersebut nggak mampu lagi tuh menanggungnya, dan akhirnya meledak melalui peristiwa yang disebut “nova” atau “supernova”. Akibat dari ledakan ini, meteor-meteor yang mengandung besi bertaburan di seluruh penjuru alam semesta dan mereka bergerak melalui ruang hampa hingga mengalami tarikan oleh gaya gravitasi benda angkasa.

Dalam ayat Alquran secara jelas mengungkapkan tentang penciptaan besi, kekuatan besi dan manfaat besi bagi manusia. Dengan besi itu, umat Islam juga bisa menolong agama Allah.

“….. Dan Kami turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya, padahal Allah tidak dilihatnya”. (Al Hadid:25)

MasyaAllaah…

Kalau kita liat ya Sob, berdasarkan kekuatannya, bentuk, dan struktur yang dihasilkan dari pengolahan besi, saat ini besi bisa dibilang sebagai tulang punggung peradaban modern, seperti gedung pencakar langit, jembatan, peralatan kendaraan, senjata, alat pertanian, pipa saluran, dan segala jenis mesin. Yang tentu saja punya kekuatan yang berbeda-beda, disesuaikan dengan penggunaannya. Bisa dibayangkan ya gimana kuatnya besi pada kerangka jembatan, dimana setiap saat menerima beban secara kontinu, selalu dibebani oleh kendaraan besar maupun kecil yang melewati jembatan tersebut setiap saat, tapi jembatan tetap kokoh, dan tidak hancur.

“Akan Kami perlihatkan kepada manusia ayat-ayat Kami di seluruh ufuk jagat raya serta dalam diri mereka sendiri, sehingga jelas bagi mereka bahwa Qur’an itu benar (haqq).” (QS. Fushshilat: 53)

MasyaAllah,, AllahuAkbar….

Allah Maha Benar, Allah yang menciptakan, Allah pula yang tau seluk beluknya.

Mengapa kita masih menyombongkan diri dengan merasa ilmu kita begitu banyak, sehingga malas dalam menuntut ilmu?

Mengapa kita masih belum yakin dengan keesaan Allah sehingga kita masih bisa mengagungkan makhluk Allah dan melupakan syari’at Allah?

Wallaahu a’lam, semoga kita selalu diistiqomahkan oleh Allah dalam jalan kebaikan J

[ZA]

 

Sumber:

http://www.keajaibanalquran.com/

http://www.salingsapa.com/

 

Advertisements