Air Hujan Tawar, Mengapa ???

p-bermain-perahu-air-hujan

Beberapa bulan terakhir ini lagi musim hujan ya sob, so selalu sedia payung atau jas hujan sob, biar nggak kehujanan atau kedinginan J. Ngomong-ngomong tentang hujan nih, pernah terbesit nggak pertanyaan “kenapa sih kok air hujan itu tawar??” Padahal kita tau kalo air hujan itu berasal dari penguapan air dan 97% merupakan penguapan air laut yang rasanya asin.

 “Maka terangkanlah kepadaKu tentang air yang kamu minum. Kamukah yang menurunkannya dari awan ataukah Kami yang menurunkan? Kalau Kami hendaki, niscaya Kami jadikan dia asin, maka mengapakah kamu tidak bersyukur? “(QS Al Waaqiah:68-70)

“Dan Kami beri minum kamu dengan air yang tawar?” (QS. Al Mursalat:27)

MasyaAllah, air hujan bersifat tawar karena adanya proses fisika yang telah ditetapkan Allah. Nah, berdasarkan sunnatullah ini, darimanapun asalnya penguapan air, baik dari air laut yang asin, atau dari dalam lumpur, atau dari danau yang mengandung  banyak mineral sekalipun, tapi air yang menguap itu nggak akan mengandung bahan lain apapun dari asalnya. Air hujan juga akan jatuh dalam keadaan murni dan bersih, sesuai dengan ketentuan Allah dalam firman Allah berikut ini.

“…. Kami turunkan dari langit air yang amat bersih.” (QS. Al Furqan 25:48).

Sobat AeR pasti juga udah tau kalo air hujan sangat bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup. Allah telah menurunkan air hujan yang bersih dari atas langit. Allah memberi minum pada makhluk, termasuk hewan dan manusia. Air hujan itu juga akan membuat tanah yang tandus menjadi subur karena beberapa kandungan yang bermanfaat, sob, sehingga satu tetes air hujan saja dapat disebut sebagai tetesan tegangan permukaan. Air hujan juga mengandung garam-garam mineral seperti yang terkandung juga dalam pupuk konvensional, seperti kalium, magnesium, kalsium, dan lain sebagainya. Selain itu, logam berat yang termasuk dalam tipe aerosol ini dapat meningkatkan kesuburan dalam perkembangan ataupun produksi tanaman.

“Dialah Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebahagiannya menjadi minuman dan sebahagiannya (menyuburkan) tumbuh tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu (QS. An-Nahl: 10)

Air hujan merupakan penyubur yang sangat penting. Bahkan nih sob, ada tanah yang tandus selama lebih dari seratus tahun dan air hujan ini merubahnya menjadi tanah yang subur dan kaya dengan unsur esensial untuk tanah, karena kandungan seperti pupuk yang ikut turun sat air hujan turun. Hutan pun menjadi lebat dan berkembang karena makan dari zat aerosol dari laut. Ini manfaat air hujan untuk kehidupan kita. Bayangkan kalo air hujan nggak turun dan nggak membawa makan untuk tumbuhan, maka kehidupan di bumi nggak akan seindah ini dan dapat mengganggu keseimbangan ekologi.

 

Alhamdulillaah, Allah selalu memberikan kenikmatan dan rahmat yang melimpah. Sudah sepatutnya kita mensyukuri dengan senantiasa beribadah, memuji, mengaguungkan asma-Nya. Wallaahu a’lam bisshowaab. [ZA]

Advertisements