Search

buletin arrayyan

Media Dakwah Generasi Muda

Category

Fikrul Islam

Cukup Aku Dengan Keyakinanku Tanpa Mengganggumu

Apa kabar keimanan kalian wahai sobar AeR? Semoga selalu naik dan istiqomah di jalan Allah hingga khusnul khotimah. Aamiin. Sebentar lagi 25 Desember nih sob, mungkin tak lama lagi akan banyak tulisan “Merry Christmas” disertai atributnya. Pernak-pernik mewah, lonceng-lonceng lucu, topi santa imut, dan masih banyak lagi atribut untuk merayakan Hari Natal. Dan biasanya, momen ini disandingkan dengan ucapan Selamat Tahun Baru. Continue reading “Cukup Aku Dengan Keyakinanku Tanpa Mengganggumu”

Advertisements

Siapa Sih Ahlussunnah wal jamaah itu?

Bagi sebagian umat Islam saat ini, menyandang nama islam saja seakan ga’ cukup, karena kita akan segera ditanya islam apa kita, karena diluar sana ada banyak atribut Islam yang mengkotak-kotakkan kaum muslim. Ada Islam Liberal, Islam tradisional, Islam garis keras, Islam nasionalis bahkan ada Islam Nusantara. Bukankah Allah telah berfirman, “Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam.” (QS. Ali Imran: 19).

Continue reading “Siapa Sih Ahlussunnah wal jamaah itu?”

SAAT HARTA MENJADI UKURAN KESUKSESAN

Sobat AeR, coba bagaimana selama ini sobat mengukur yang namanya kesuksesan? Tentunya kita penting untuk mengetahui tolak ukur kesuksesan. Mengapa? Karena pasti setiap orang punya standar yang beda-beda tentang kesuksesan. Ada yang merasa sukses saat sudah meraih impiannya, ada yang berfikir kekayaan sebagai wujud kesuksesan dirinya, ato mungkin juga ada yang merasa sukses saat mampu membahagiakan orang tuanya. Namun kebanyakan orang akan merasa sukses saat mereka mampu menumpuk harta. So, kali ini kita akan ngebahasnya lebih dalam. Continue reading “SAAT HARTA MENJADI UKURAN KESUKSESAN”

Saat Ka’bah Tak Lagi Menjadi Kiblat

ka'bahBro   :   “Jangan bawa-bawa agama!!.’’

Bray :   “Apanya?”

Bro   :   “Ya semuanyalah. Elu mah dikit-dikit bawa agama, dikit-dikit bawa agama, ribet Bray! Makanya udah gak usah bawa-bawa agamalah Bray.”

Bray :   ”Ya udah sok atuh kasih tau ini Islam agama gue mesti ditaroh dimana?”

Bro   :   “Maksudnya gimana Bray? Gue gak ngerti.” Continue reading “Saat Ka’bah Tak Lagi Menjadi Kiblat”

Sarana dengan Sejuta Kemudahan Menyeru Pesan Ilahi

fbDewasa ini, media (sosial/komunikasi) telah menjadi bagian penting dalam sendi kehidupan masyarakat Indonesia. Tak tanggung-tanggung, media senantiasa menjadi tumpuan pertama oleh masyarakat untuk memperoleh informasi tentang keadaan sekitar baik itu di dalam lingkungan sendiri maupun di luar lingkungan mereka. Hal ini senada dengan perkembangan zaman yang telah melahirkan berbagai media informasi dalam menyampaikan pesan kepada khalayak ramai. Continue reading “Sarana dengan Sejuta Kemudahan Menyeru Pesan Ilahi”

The Real Independence

tomoTujuh belas agustus tahun empat lima,,, Itulah hari kemerdekaan kita. Hari merdeka nusa dan bangsa hari lahirnya bangsa Indonesia, Merdeka.. yups itulah lagui kebangsaan kita. Wah g terasa ya sobat sudah smpe pada bulan agustus nech. Itu tandanya sebentar lagi kita akan merayakan kemerdekaan bangsa kita yang dirayakan setiap tahunya oleh bangsa Indonesia. Continue reading “The Real Independence”

The Real Winner

mr ben lucuAllahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, La illahaillahu Allahu Akbar… Allahu akbar walilla hilham… Assalamualaikum wr wb. sobat A’er, tak terasa yach Ramadhan telah berlalu dan kini kita telah masuk bulan Syawal. Ups, afwan lupa sobat, Taqobbalallaahu Minna wa Minkum Taqobbal Ya Karim. Minal Aidzin Wal Faidzin ya sobat, jika A’er pernah ada salah salah kata selama ini. Bagaimana puasanya sobat selama sebulan kemaren? Pasti lancar kan? Kita semua tahu bahwa Ramadhan adalah bulan pengemblengan bagi umat islam dimana mereka dilatih tidak hanya menahan lapar dan dahaga saja melainkan menahan hawa nafsu yang lain juga. Akan tetapi sedikit sekali umat islam yang lolos menjadi seorang pemenang di bulan Syawal. The question is “Who is the real winner in Syawal?”  Let’s check it out. Continue reading “The Real Winner”

FIGHTING FOR FASTING

berjuang okGa’ kerasa ya sudah menginjak bulan Ramadhan sob. Lagi puasa kan sob? By the way, sobat A’er tau ga’ hal-hal yang perlu diketahui saat berpuasa? Umm ada yang belum tau ya…

Puasa (Shaum) menurut bahasa yaitu menahan diri. Sedangkan pengertian menurut syariat islam adalah suatu bentuk aktifitas ibadah kepada Allah swt dengan menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari dengan berniat terlebih dahulu sebelumnya.Tidak sedikit masyarakat yang menyalahgunakan makna puasa. Bagi mereka puasa itu ya menahan lapar, haus dan berhubungan suami istri. Hasil yang di dapat dari itu hanya sekedar lapar, haus saja tidak ada nilai lainnya. Padahal Rasulullah ﷺ telah memberikan warning terhadap umat muslim melalui hadisnya yang berbunyi: “Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia ti dak mendapatkan dari puasanya tersebut, kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thabraniy). Continue reading “FIGHTING FOR FASTING”

Pemuda dan Pendidikan Nasional

education2-386x290Sobat, kali ini A’er akan bahas tentang Pendidikan. Kenapa pendidikan? Ya karena sebagai remaja kita harus tunjukkan kalau kita punya atensi (perhatian, red) pada masalah ini. Kebetulan juga pendidikan di negeri kita tercinta ini belum bisa dikatakan berkualitas jika dibandingkan banyak negara di dunia. Mulai dari kurikulumnya yang ganti melulu (KCBSA, K94, KBK, KTSP, sampai K13), dan mungkin juga akan berganti lagi. Siswa seakan jadi kelinci percobaan untuk membentuk sebuah sistem pendidikan yang bermutu. Meskipun seringkali akhirnya malah siswa dan guru dibuat semakin bingung. Ada juga yang membudaya nech sob, yakni budaya mencontek. Sobat bisa lihat berita-berita dimedia  April kemarin tentang kebocoran soal UN SMA di internet, bahkan kuncinya juga didapat banyak peserta ujian H-1 UN. Hal yang serupa terjadi di tahun-tahun sebelumnya selalu terulang kembali. Ditambah banyak sarana dan prasarana yang kurang bahkan jauh dari layak dibanyak wilayah (terutama yang jauh dari kota). Continue reading “Pemuda dan Pendidikan Nasional”

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑